Senin, 26 Mei 2014

ADemSAWIT, ADempiere Untuk Kebun Kelapa Sawit

ADemSAWIT bukanlah forking Atau turunan dari ADempiere, ADemSawit juga bukan software ERP baru. AdemSawit adalah software management perkebunan kelapa sawit yang berasal dari software ERP ADempiere yang diconfigurasi dan dimodifikasi sehingga bisa memenuhi kebutuhan ERP di lingkungan industri perkebunan Kelapa sawit. Istilah ADemSAWIT ini sendiri muncul secara tidak sengaja dimana bagi orang orang perkebunan ternyata sangat sulit untuk mengingat kata "ADempiere", dan setelah di plesetkan menjadi AdemSawit ternyata mereka langsung ingat. Dengan ADemSAWIT, perusahaan perkebunan bisa merasakan seolah olah menggunakan aplikasi ERP yang memang khusus dirancang untuk perkebunan Kelapa sawit. Apa saja kebutuhan untuk ERP di Perkebunan Kelapa sawit? dan hal hal apa saja yang bisa dipenuhi oleh Adempiere? Berikut ini akan saya coba sampaikan “beberapa” kebutuhan yang umum diperlukan di kebun kelapa sawit.

Pada dasarnya secara umum, proses bisnis di industri perkebunan kelapa sawit adalah sama dengan bisnis di bidang lainnya, terutama untuk proses di backoffice seperti purchasing, sales, inventory, accounting, dll. Yang membedakan adalah adanya kebutuhan kebutuhan untuk mendukung operasional kebun dimana hal ini belum tersedia secara langsung di Adempiere. Untuk itulah diperlukan configurasi khusus serta beberapa modifikasi agar kebutuhan tersebut terpenuhi.













Purchasing
Di Industri perkebunan, biasanya satu kantor akan menangani beberapa Estate (sebutan untuk suatu area lokasi perkebunan), dimana kebutuhan barang akan dipenuhi oleh kantor pusat/cabang tersebut. Pada cara konvensional atau cara manual, dari Estate akan menerbitkan SPP (Surat Permintaan Pembelian) yang setelah di setujui oleh kepala kebun, akan di Fax ke Kantor pusat/cabang bagian Purchasing, untuk selanjutnya di lakukan proses pembelian barang. Proses ini di Adempiere bisa diakomodasi seperti diagram berikut:


Di Adempiere, pihak kebun bisa langsung memasukkan permintaan pembelian melalui Requisition, dimana selanjutnya permintaan pembelian ini akan menunggu approval dari kantor pusat, apabila disetujui maka akan di convert menjadi PO, dilanjutkan dengan material receipt, invoicing dan payment.

Sales
Penjualan di industri Kelapa sawit umumnya tidak terlampau sulit, karena produk yang dijual umumnya hanya 1 product yaitu CPO. Sehingga bisa dikatakan hampir tidak ada issue di area penjualan, karena prosedurnya cukup standard. Hanya saja yang perlu sedikit diperhatikan bahwa adanya penjualan dengan prepay order (pembayaran dimuka).

Pembibitan
Pembibitan pada dasarnya sepert proses produksi di pabrik, hanya saja disini waktu produksinya lebih lama yaitu 1(satu) tahun dengan komponen komponen biaya yang dimasukkan tiap bulan.


Proses pembibitan diawali dengan Pembelian Kecambah, untuk dirawat hingga siap tanam umur 12 bulan, dimana setiap bulan dilakukan perawatan sesuai standard prosedur perawatan bibit yang bisa memerlukan material/produk, serta biaya biaya yang harus dicatat setiap bulannya.

TBM & TM











TBM

Transaksi pada area TBM merupakan catatan aktivitas dan material yang digunakan selama merawat kebun TBM, ini bisa berupa tenaga kerja, material (pupuk, pestisida, bahan kimia, dll), resource (mesin, kendaraan), dan lain lain. Catatan kegiatan di di tulis didalam Buku Harian Mandor. Di adempiere, catatan kegiatan dari Buku Harian mandor ini bisa di input sehingga sistem bisa langsung menghitung, berapa banyak biaya yang sudah dikeluarkan untuk merawat suatu area kebun.



















TM
Transaksi di area TM, pada dasarnya serupa dengan TBM, hanya saja disini ada transaksi tambahan berupa perhitungan panenan.
Perhitungan panen di setiap perusahaan memiliki formula yang berbeda beda yang mengacu kepada peraturan dan policy perusahaan.


















Accounting

Yang menarik dari penggunaan ADempiere di indutri perkebunan adalah kita bisa mendapatkan laporan accounting, tanpa harus menginput ulang transaksi ke dalam software Accounting seperti yang banyak dilakukan oleh perusahaan perkebunan saat ini. Dan memang ini adalah kelebihan dari aplikasi ERP.

Kesimpulan
Penggunaan Adempiere di perkebunan kelapa sawit dapat meningkatkan effisiensi pada proses bisnis perusahaan perkebunan. Meskipun ADempiere aslinya memang tidak dirancang secara khusus untuk industri perkebunan, akan tetapi dengan sedikit kreativitas serta penyesuaian disana sini Adempiere bisa di implementasikan dengan baik. Dimana dalam hal ini juga menuntut perusahaan perkebunan untuk lebih flexibel dan bersedia beradaptasi dengan fasilitas dan fitur yang ada di Adempiere.

Regards,
Agung Budi Santosa
agung_bs@yahoo.com

6 komentar:

  1. pa,,bagus sekali artikelnya. Nama saya nida, saya mahasiswi Politeknik Negeri Bandung dan saat ini saya sedang belajar tentang ERP dan menggunakan software ADEmpiere.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. pak,nama saya anindita saya sudah baca artikel yang bpk postingkan.

    saya sedang belajar ERP dan menggunakan software ADempiere.
    saya ingin bertanya masalah alur proses menentukan biaya untuk produk yang akan di jual ke konsumen,, yang ingin saya tanyakan yaitu biasanya pada saat pembuatan produk, ada produk yang mengalami cacat, apakah produk yang mengalami cacat akan termasuk kedalam biaya yang akan dibebankan ke dalam biaya produk yang tidak cacat??

    saya pernah baca bahwa, penentuan biaya untuk produk yang akan dijual ke Costumer yaitu dari bahan material, listrik, jasa, Dll.

    bagaimana untuk masalah yang saya tanyakan??

    BalasHapus
  4. pada adempiere, masalah penjualan itu dikaitkan dengan adanya dokumen
    yang akan diberikan pada konsumen yaitu proposal atau quotation.
    apakah ada syarat tertentu, dimana konsumen mendapatkan proposal atau
    saat konsumen mendapatkan quotation...?? Bagaimana waktu pemberian proposal
    atau quotation pada konsumen,..??

    BalasHapus
  5. Pa, kalo pembayaran melalui BANK itu mekanisme nya seperti apa ya??

    BalasHapus
  6. @ anindita = produk cacat akan menjadi beban biaya perusahaan. seperti halnya listrik dll.

    di Adempiere kita bisa membuat proposal atau quotation terlebih dahulu, setelah disetujui customer, bisa di convert menjadi sales order

    @nida's = pembayaran melalui Bank mekanisme nya, kita harus memiliki rekening bank yang didaftarkan di system, kemudian pada saat melakukan payment kita pilih pembayaran menggunakan rekening Bank tersebut.

    BalasHapus